Home » » Fasilitasi Bantuan Hewan Qurban di Daerah Konflik

Fasilitasi Bantuan Hewan Qurban di Daerah Konflik

Written By Lakpesdam NU Sampang on Rabu, 09 November 2011 | 01.52

Bantuan Sapi Kurban bagi masyarakat Gedding Laok ini berasal dari Extra Joss yang bekerjasama dengan LAZISNU Pusat. Bertempat di Masjid Al-Anshor,sebuah nama Masjid yang menjadi saksi bisu peristiwa konflik masyarakat masyoritas dengan Tajul Muluk beserta pengikutnya.

Pasca terjadinya konflik tersebut, Masjid ini sempat tidak terurus karena kondisi yang masih belum stabil dan menegangkan. Kegiatan-kegiatan keagamaan Masjid masih sepi dan belum bisa optimal untuk dilakukan. Oleh karenanya, Pemberian bantuan Sapi Kurban ini merupakan stimulus
untuk kembali menghidupkan masjid dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Hasilnya, dalam menyambut kegiatan ini sejumlah tokoh agama dan masyarakat setempat berkumpul dan bermusyawarah pada hari Jumat Tanggal 11 Oktober 2013 bertempat di pelataran Masjid untuk melakukan reorganisasi kepengurusan. Akhirnya musyawarah dan berhasil menyepakati susunan pengurus yang baru yang merupakan gabungan dari dari dusun Nang Kernang dan Dusun Gedding Laok (Dua Dusun pusat terjadinya konflik). Selain itu, untuk menghidupkan kembali kegiatan masjid disusunlah jadwal tugas untuk imam dan muadzin serta berkomitmen untuk mengadakan pengajian bersama selama satu bulan satu kali, dimana dalam kegiatan pengjian itu nantinya masing-masing tokoh agama yang memunyai jamaah pengajian wajib mengikutkan semua anggotanya ke pengajian di Masjid.



Dalam menyambut kegiatan penyembelihan hewan qurban ini para pengurus takmir kemudian membentuk sebuah kepanitian untuk melakukan penyembelihan dan pembagian daging kurban secara merata. Hasilnya, sebanyak 250 warga yang berasal dari sekitar masjid bisa meraskan daging qurban yang selama ini belum pernah terjadi satu kalipun di dusun tersebut.

- See more at: http://profillakpesdamsampang.blogspot.com/2013/10/fasilitasi-bantuan-hewan-qurban-di.html#sthash.RBU54zon.dpuf
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. SUARA KAUM SARUNGAN - All Rights Reserved